2.15.2011

Terus Melangkah Tak Kenal Lelah

Selamat berjumpa kembali teman-teman, lewat blog yang sederhana ini.
Sesuai request salah seorang teman kita yang mungkin sudah jenuh dengan suasana tambang. He..he..
Kali ini kita akan coba sharing tentang motivasi hidup. Apakah itu kaitannya dengan karir di dunia kerja ataukah hal lain.

Dalam proses hidup ini, terkadang ada banyak hal yang sulit dimengerti. Contoh kecilnya, tentang motivasi hidup. Sungguh aneh, di era serba modern sekarang ini di mana arus informasi begitu deras tapi justru banyak diantara kita dengan gampang menjadi bosan dengan apa yang ada pada diri sendiri. Padahal kata-kata ajaib dari motivator ulung sekelas Andrie Wongso dengan begitu mudah kita peroleh. Cukup dengan mengakses internet seperti yang sekarang Anda lakukan, puluhan kata mutiara pelecut semangat dapat Anda dapatkan hanya dalam waktu kurang 1 jam.

Tapi Saya tak akan panjang lebar tentang hal Andrie Wongso. Saya percaya, Anda pasti sudah mengerti, bahkan lebih paham daripada Saya.
Lewat kesempatan kali ini, Saya mencoba sharing tentang motivasi versi diri Saya pribadi. Terlepas apakah teman-teman setuju atau tidak,
itu hak masing-masing orang. He..he..

Kalau ngomong tentang motivasi, tujuan utamanya pastilah tak jauh-jauh dari yang namanya sukses. Apakah itu sukses dalam berkarir, membina keluarga, menggapai cita-cita, dan lain-lain. Definisi suksespun berbeda-beda bagi setiap orang. Ada yang mendefinisikan sukses itu sebagai kecukupan materi di mana ia bisa memperoleh apapun yang ia inginkan ( yang penting ada dijual), ada juga yang mendefinisikan sukses itu sebagai keberhasilan dalam menggapai mimpi dengan melalui proses panjang dan kerja keras, ada juga yang mendefinisikan sukses sebagai ketenteraman jiwa
dalam menjalani perjalanan panjang dan lika-liku kehidupan yang fana ini.

Bagaimana kita mendefinisikan sukses ?

Kembali kepada obrolan sebelumnya, sukses itu tergantung definisi kita masing-masing. Karena sukses itu berkaitan erat dengan kebutuhan pribadi masing-masing orang. Yang tentunya dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan kultur setempat. Kalau saya pribadi, sukses adalah ketika kita berhasil menjadi diri sendiri. Mungkin ada yang bertanya, jadi selama ini Anda bukan diri sendiri ? Jadi Anda hanyalah pangeran bertopeng ?
Akan Saya jawab : Iya, Saya hanyalah pangeran-malam. Jadi ga nyambung dweh. He..He..
Baiklah, kembali pada permasalahan motivasi hidup. Akan Saya coba paparkan sedikit pandangan Saya tentang hal ini.

Langsung saja pada inti permasalahan. Ada beberapa hal yang menurut Saya adalah sifat utama yang merupakan motivasi hidup yang tak akan redup.
Sifat-sifat itu adalah :
1. Ikhlas
Ikhlas adalah kunci dari segala usaha. Apapun hasil dari usaha yang Anda jalani dalam kehidupan ini jika disertai dengan hati yang ikhlas, insyaAllah
hati akan selalu merasa lapang. Sukses atau gagal, itu bukanlah suatu kesalahan. Keduanya tak lain hanyalah sebuah bentuk pembelajaran. Belajar untuk bersyukur
dan bersabar. Berjalan dengan hati yang ikhlas sama seperti berjalan dengan menggunakan sayap. Mau berjalan di padang pasir, jalan penuh kerikil, jalan rata beraspal ataupun di jalan
bersalju, semuanya sama saja. Karena hanya ada satu tujuan di hati, hanya ada satu rasa di dadalam dada.
Sama halnya dengan niat, apapun yang akan kita lakukan adalah tergantung niatnya. Kalau niatnya baik, insyaAllah kita akan mendapat balasan yang baik. Begitu pula
sebaliknya. Tapi niat baik saja tak cukup. Niat baik itu harus disertai dengan hati yang ikhlas. Agar segala aktivitas menjadi lebih bermakna dan berarti.
So, mulai dari sekarang sertailah segala kegiatan dan aktivitas kita dengan hati yang ikhlas. Bukan lagi jadi penyerta, maksud Saya jadikanlah keikhlasan sebagai jiwa atau motor penggerak dari segala gerak-gerik kita dalam menjalani kehidupan...
Dah jam sepuluh malam boy. Dah waktu istirahat neh. InsyaAllah besok kita lanjut lagi ya...

Tidak ada komentar: