2.11.2011

Mengenal Hacker Lebih Dekat

Sering kita mendengar sebutan "hacker", yang kebanyakan akan menimbulkan kesan menakutkan dibenak kita. Kekhawatiran akan kehilngan data, privacy, hingga harta tentu akan selalu membayangi kita. Padahal sebenarnya, hacker bukanlah seperti itu. Malah sebaliknya, hacker akan membantu mengamankan sistem komputer dan jaringan Anda. Terus, bagaimanakah hacker yang sebenarnya ?
Secara umum, Hacker adalah seorang yang ahli dalam hardware maupun software komputer, dengan didukung kemampuan tentang dunia pemrograman. Mereka bekerja untuk menguji sebuah sistem dalam rangka menemukan celah kelemahan keamanan dam memperbaikinya agar sistem tersebut dapat bekerja dengan maksimal, tanpa mengharapkan bayaran dari usahanya itu.

Hackerlah yang membangun internet. Membangun Unix menjadi seperti yang anda lihat seperti sekarang ini. Jika Anda ingin disebut sebagai hacker, Anda paling tidak harus menyumbangkan sesuatu dalam budaya para hacker. Cara berpikir hacker tidak terbatas pada budaya software saja. Dibidang lainnya, sikap hacker banyak diadopsi. Pola pikir hacker, berada ditingkat tertinggi setiap bidang ilmu dan seni.

Terdapat pula sekelompok lain yang mengaku-ngaku sebagai hacker, ternyata sama sekali bukan. Mereka merasa bangga apabila telah berhasil membobol komputer orang lain. Para hacker sejati menamakam mereka "cracker". Hacker memandang cracker sebagai orang malas yang tak bertanggungjawab. Hacker berpendapat bahwa dengan berhasil menerobos keamanan seseorang belumlah dikatakan sebagai hacker.
Itulah bedanya hacker dengan cracker. Hacker membangun, cracker merusak. Hacker orang berilmu, cracker orang bodoh.

Tidak ada komentar: